Wrong Turn 4: Bloody Beginnings (2011)

Director(s): Declan O’Brien
Cast: Sean Skene, Daniel Skene, Scott Johnson, Jennifer Pudavick, Tenika Davis, Kaitlyn Wong, Terra Vnesa, Ali Tataryn, Samantha Kendrick
Runtime: 90 minutes

Masih inget Wrong Turn (2003); horor slasher yang udeh ngenalin kita ama trio mutan kanibal: Three Finger, Saw-Tooth, dan One-Eye? Film yang majang Eliza Dushku dan Desmond Harrington sebagai protagonisnye tersebut emang sempet jadi konsumsi tontonan mainstream di bioskop, dan nyuguhin satu hiburan slasher flick yang cukup efektif pake dukungan spesial efek dari almarhum Stan Winston beserta timnye. Kemudian dilanjutin dengan kemunculan sekuelnye; Wrong Turn 2: Dead End (2007), yang ternyata surprisingly not bad buat ukuran rilis direct-to-video.

Dalem kurun waktu dua taun setelahnye, tau-tau nongol lagi sekuel kedua; Wrong Turn 3: Left for Dead, yang sayangnye dibuat dengan kualitas amat menyedihkan dan terlupakan. Yup, terlupakan sampe sejujurnye gue tuh gak pernah tau kalo emang ada film ketiganye. Itupun baru tau gara-gara secara kebetulan di salah satu channel TV satelit belon lama ini muterin tuh film, dan gak nyampe lebih dari 20 menitan akhirnye gue tinggal tidur saking menyedihkannye. Gak cuma kualitasnye yang emang menyedihkan, tapi sensoran di channel tersebut juga bener-bener ngerusak mood dan kenikmatan menonton slasher. Ngapain diputer kalo emang disensor sedemikian parahnye?

Di taun 2011 ini, trio mutan kanibal favorit kita dapet kehormatan buat ‘nyapa’ penggemarnye lagi dengan nyeritain masa lalu mereka lewat sebuah prekuel. Maksud gue, kalo emang Freddy Krueger, Jason Voorhees, Michael Myers, ama Leatherface aje bisa dibikinin back story-nye sendiri, kenape mereka nggak? Wrong Turn 4: Bloody Beginnings dimulai dengan prolog yang ngebawa kita balik ke taun 1974, di mane Three Finger, Saw-Tooth, ama One-Eye diceritain masih ABG dan ‘diamanin’ dari lingkungan sosial dalem sebuah tempat bernama Glenville Sanatorium di West Virginia, berhubung divonis sakit jiwa dan berbahaya. Lewat perkenalan yang praktis sebenernye useless tersebut, singkatnye, mereka bertiga berhasil kabur dari sel, bikin kacau dengan ngelepasin pasien-pasien laennye, dan mulai ngebunuhin orang di sanatorium dengan cara-cara yang imajinatif.

Abis itu, kita langsung ngelewatin masa beberapa dekade — tepatnye beberapa bulan sebelon insiden film pertamanye, menuju ke dalem salah satu kamar di sebuah asrama, di mane kita bakal ngeliat dua pasangan yang lagi ngelakuin pesta seks; dengan salah satunye adalah pasangan lesbi. Setelah puas nyalurin libido, mereka lalu gabung ama grupnye yang laen dengan ngendarain snowmobile buat ngenikmatin liburan musim dingin. Tapi, gara-gara ketololan salah satunye, mereka malah kesesat di tengah badai salju, dan akhirnye harus nyari tempat teduh di… surprise! Glenville Sanatorium — yang mereka pikir udeh gak berpenghuni lagi. Dan, tebak siape yang udeh nungguin mereka di sono buat jadiin santepan makan malem? Yup, dari sini lu pasti udeh bisa nebak seterusnye gimane.

Mungkin di antara lu semua ada yang pernah bertanya-tanya, gimane sih ceritanye asal muasal trio mutan kanibal kita ini sampe segitu hobinye ngebantai dan makanin orang? Nah, dengan adanye prekuel ini, keliatannye bisa ngejawab dan ngejelasin semuanye buat lu. Namun sayang, kenyataannye kurang sesuai ama premisnye. Selaen sekedar pengenalan singkat di awal film tentang siape dan kenape mereka bisa nyasar di sanatorium yang cuma berlangsung sekitar 10 menitan, lu praktis gak bakalan dapet petunjuk ape-ape lagi setelah itu yang menyangkut soal origin, beginning, atau apepun istilahnye. Semacem ape yang pernah lu dapetin di The Texas Chainsaw Massacre: The Beginning (2006).

Alih-alih nawarin sesuatu yang menarik soal latar belakang trio mutan kanibal kita, Declan O’Brien — orang yang juga nyutradarain Wrong Turn 3: Left for Dead dan Sharktopus (2010) — malah kejebak ama formula standar slasher, di mane sekumpulan remaja-remaja idiot mesti berusaha survive kalo gak mau mati konyol jadi sasaran empuk pemburunye. Jadi, meskipun dikasih gimmick prekuel, film keempatnye ini mah sebenernye sama aje kayak seri-seri Wrong Turn laennye. Tadinye, gue ngarepin sesuatu yang sedikit berbeda. Gak banyak, tapi senggaknye beda, lah.

Tapi, kalo mau mandang dari sudut laen, sebenernye sih ada bagusnye juga kalo emang jadinye cuma kayak gini. Karena, rasanye agak konyol dan terkesan dipaksain kalo trio mutan kanibal kita kudu punya back story yang kelewat detil. Maksud gue, kan emang kita udeh tau kalo mereka tuh semacem orang udik dari gunung (atau sebutannye; hillbilly) yang kerjaannye berburu di alam liar dengan bawaan cacat fisik dan mental sejak lahir. Di film pertamanye juga kan udeh dikasih tau pake gambar potongan-potongan berita di koran ape majalah gitu lewat opening credit-nye. Ya, emang dari sononye mereka udeh ditakdirin begitu. Perlu dijelasin lagi, gitu? Kayaknye, O’Brien juga emang cuma mau ngasih background singkat tanpa harus keliatan berlebihan. Makan separoh durasi aje nggak, berhubung kalo kebanyakan juga bakal kerasa dumb, sih.

Elemen penting yang bisa kita harepin dari slasher flick B murahan kayak gini mah tentunye gak laen adalah nenen ama darah. Porsi nenen ama nudity-nye secara mengejutkan cukup worth, dengan dukungan ‘penampilan’ aktris-aktrisnye yang emang berpotensi buat nunjukkin bakat ‘akting’ mereka. Sementara, para aktor-aktornye dipersilahkan untuk mampus duluan, berhubung kehadiran mereka sebenernye gak terlalu dibutuhin, sekaligus buat nunjukkin kalo girl power di sini lebih ngedominasi. Hal positif laennye dari Wrong Turn 4: Bloody Beginnings adalah spesial efek. Meskipun ditemuin adanye penggunaan CGI yang minim di beberapa scene bunuh-bunuhannye yang sedikit ngerusak tone, untungnye, kita juga bisa ngenikmatin sejumlah practical effects dengan pengeksekusian yang ternyata cukup oke. Terdapet dua momen nan awesome di awal dan pertengahan film — ngelibatin orang yang ditarik ampe copot sendi-sendinye, ama ngulitin orang idup-idup di atas meja terus dimakan. Kalo gue boleh ngasih komen, gak buruk kok buat ukuran low budget.

Setelah prolognye yang cukup menjanjikan, pace-nye berjalan agak lambat begitu proses pengenalan ama para remaja calon korban trio mutan kanibal kita dimulai. Kurang lebih makan waktu sekitar setengah jeman cuma buat nungguin ke bagian darah-darahannye. Ngerti sih kalo itu maksudnye ngasih momen buat pengembangan karakternye. Tapi, buat film ginian, menurut gue ujung-ujungnye juga gak bakalan ada arti ape-ape. Urusan karakter kalo mau dibandingin ama film pertamanye masih kalah jauh.

Masalah low budget juga ngefek ke setting tempat yang keliatan rada janggal. Kalo tiga film sebelonnye lebih banyak ngambil setting outdoor, kali ini lebih banyak ngabisin bujet dan durasinye di dalem sanatorium. Nah, buat ukuran bangunan yang ceritanye udeh berumur 30 taunan, sanatoriumnye masih keliatan bersih dan sama sekali gak ninggalin kesan creepy. Logikanye, ape para mutan kanibal kita rajin ngebersihin tiap hari selama tinggal di sono? Make-up para kanibal kita juga keliatan cemen, khususnye di bagian mata yang keliatan kalo mereka kayak pake topeng.

Akhir kata, tolong jangan salah pengertian. Gue sama sekali gak bilang Wrong Turn 4: Bloody Beginnings itu layak disebut bagus. Cuma, kalo lu sekedar nyari hiburan slasher murahan dan kebetulan lagi gak ada tontonan, lu boleh nyoba yang satu ini. Bukan sesuatu yang istimewa, tapi jelas lebih baik dibanding seri yang terakhir dan cukup menyenangkan sebagai tontonan dungu sambil ditemenin ama sepiring nasi goreng tek-tek.

Posted on 09/11/2011, in Movies and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment